Ada beberapa area utama pada ritel modern yang sangat penting untuk dikelola dengan baik. Area-area tsb harus diperhatikan dengan lebih detail agar pencapaian keuntungan toko bisa lebih maksimal. Apa saja area yang dimaksud, mari kita simak bersama :
Area parkir
Area inilah yang pertama kali dilihat pelanggan saat berkunjung ke toko kita. Area parkir harus diperhatikan sebaik mungkin, seperti kebersihannya, adanya petugas kemanan parkir, adanya garis parkir agar lebih teratur dan rapi, tersedia petugas yang membantu proses parkir, kejelasan sign keluar dan masuk parkiran, akses keluar masuk parkiran yang baik, adanya penerangan di waktu malam, dan biaya parkir yang bersahabat.
Kenyamanan area parkir akan berdampak baik bagi emosi pengunjung. Pelanggan akan bisa lebih tenang berbelanja tanpa mengkhawatirkan kendaraan yang mereka tinggal di parkiran. Apabila sebuah toko berdiri di dalam sebuah mall, maka pihak mall yang harus bertanggung jawab atas pengelolaan parkir tsb dengan baik dan memuaskan.
Area penjualan / display
Area ini harus dirancang dengan baik agar bisa menghasilkan penjualan maksimal bagi toko. Pada ritel modern biasanya memiliki rancangan planogram dan blok plan tersendiri dalam pemajangan item jual. Konsep yang diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggaan, diatur sedemikian rupa agar menimbulkan rangsangan pembelian pada pelanggan. Misalnya lorong item susu bayi (baby feeding) dipajang berdekatan dengan lorong perlengkapan makan dan minum bayi. Sambil membeli susu, pelanggan akan mengingat kembali perlengkapan makan dan minum bayinya, apakah perlu membeli yang baru untuk kebutuhan harian bayinya.
Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam pemajangan barang jual, seperti apakah item tsb fast moving atau slow moving, bentuk dan gramasi item jual, penyesuaian atas space yang tersedia, coloring pada item non food seperti pakaian, dan hal lainnya. Toko berskala besar biasanya juga memiliki area display khusus untuk memajang barang promosi yang sering disebut wall of value (WOV). Area ini bisa kita jumpai di dekat pintu masuk.
Dikarenakan ritel modern menerapkan konsep self service (seperti yang pernah dibahas sebelumnya dalam postingan "berkenalan dengan ritel modern atau tradisional"), maka berikut hal - hal penting yang harus diperhatikan pada area display :
- Tersedianya price card per item yang dijual, sehingga pelanggan bisa dengan mudah mengetahui harga barang yang ada dipajangan
- Stock item jual mencukupi, karyawan toko harus selalu memonitor ketersediaannya. Estimasi yang baik sangat diperlukan, terutama untuk barang-barang fast moving.
- kebersihan gondola dan barang yang dijual, termasuk pengecekan atas barang expired juga wajib dilakukan secara rutin.
- Penataan barang jual yang rapi dan sesuai planogram, display dikelompokkan berdasarkan category barang.
- letak keranjang belanja / trolley belanja yang mudah ditemukan pengunjung, biasanya diletakkan di dekat pintu masuk. Kebersihan trolley dan keranjang belanja juga harus selalu diperhatikan.
- Komunikasi promo yang jelas dan menarik, agar promo yang diadakan toko bisa berjalan dengan efektif. Katalog promo biasanya diletakkan di dekat pintu masuk. Sign promo harus dilengkapi dengan benar, letaknya sesuai dengan barang yang dipromosikan dan bisa terlihat dengan jelas.
- Tersedianya timbangan dan petugas yang membantu khusus untuk item jual kiloan seperti buah, sayur, ikan segar, ayam, dll.
Area parkir
Area inilah yang pertama kali dilihat pelanggan saat berkunjung ke toko kita. Area parkir harus diperhatikan sebaik mungkin, seperti kebersihannya, adanya petugas kemanan parkir, adanya garis parkir agar lebih teratur dan rapi, tersedia petugas yang membantu proses parkir, kejelasan sign keluar dan masuk parkiran, akses keluar masuk parkiran yang baik, adanya penerangan di waktu malam, dan biaya parkir yang bersahabat.
Kenyamanan area parkir akan berdampak baik bagi emosi pengunjung. Pelanggan akan bisa lebih tenang berbelanja tanpa mengkhawatirkan kendaraan yang mereka tinggal di parkiran. Apabila sebuah toko berdiri di dalam sebuah mall, maka pihak mall yang harus bertanggung jawab atas pengelolaan parkir tsb dengan baik dan memuaskan.
Area penjualan / display
Area ini harus dirancang dengan baik agar bisa menghasilkan penjualan maksimal bagi toko. Pada ritel modern biasanya memiliki rancangan planogram dan blok plan tersendiri dalam pemajangan item jual. Konsep yang diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggaan, diatur sedemikian rupa agar menimbulkan rangsangan pembelian pada pelanggan. Misalnya lorong item susu bayi (baby feeding) dipajang berdekatan dengan lorong perlengkapan makan dan minum bayi. Sambil membeli susu, pelanggan akan mengingat kembali perlengkapan makan dan minum bayinya, apakah perlu membeli yang baru untuk kebutuhan harian bayinya.
Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam pemajangan barang jual, seperti apakah item tsb fast moving atau slow moving, bentuk dan gramasi item jual, penyesuaian atas space yang tersedia, coloring pada item non food seperti pakaian, dan hal lainnya. Toko berskala besar biasanya juga memiliki area display khusus untuk memajang barang promosi yang sering disebut wall of value (WOV). Area ini bisa kita jumpai di dekat pintu masuk.
Dikarenakan ritel modern menerapkan konsep self service (seperti yang pernah dibahas sebelumnya dalam postingan "berkenalan dengan ritel modern atau tradisional"), maka berikut hal - hal penting yang harus diperhatikan pada area display :
- Tersedianya price card per item yang dijual, sehingga pelanggan bisa dengan mudah mengetahui harga barang yang ada dipajangan
- Stock item jual mencukupi, karyawan toko harus selalu memonitor ketersediaannya. Estimasi yang baik sangat diperlukan, terutama untuk barang-barang fast moving.
- kebersihan gondola dan barang yang dijual, termasuk pengecekan atas barang expired juga wajib dilakukan secara rutin.
- Penataan barang jual yang rapi dan sesuai planogram, display dikelompokkan berdasarkan category barang.
- letak keranjang belanja / trolley belanja yang mudah ditemukan pengunjung, biasanya diletakkan di dekat pintu masuk. Kebersihan trolley dan keranjang belanja juga harus selalu diperhatikan.
- Komunikasi promo yang jelas dan menarik, agar promo yang diadakan toko bisa berjalan dengan efektif. Katalog promo biasanya diletakkan di dekat pintu masuk. Sign promo harus dilengkapi dengan benar, letaknya sesuai dengan barang yang dipromosikan dan bisa terlihat dengan jelas.
- Tersedianya timbangan dan petugas yang membantu khusus untuk item jual kiloan seperti buah, sayur, ikan segar, ayam, dll.
Selain itu agar menambah kenyamanan pengunjung, ritel modern harus selalu memperhatikan ambience toko (sesuatu yang bisa dilihat, didengar, dicium, dirasakan oleh pelanggan atas keadaan toko kita). Hal ini juga sering disebut sebagai atmosfer toko.
Berikut contoh yang berkaitan dengan ambience toko :
- Karyawan toko yang ramah dan bersahabat
- Kebersihan fisik area penjualan seperti lantai, langit-langit, dinding, gondola
- Suhu ruangan yang pas, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
- Penerangan yang baik pada toko
- Display barang jual yang rapi dan mudah ditemukan
- Kualitas barang jual
- lainnya
Di area penjualan juga harus dilengkapi oleh mesin kassa yang cukup untuk mengantisipasi antrian pembayaran. Team kasir yang teliti, cepat tanggap juga dibutuhkan agar proses pembayaran berjalan dengan baik. Antrian yang terlalu panjang bisa menimbulkan batalnya pembelian dan mengurangi kenyamanan pelanggan. Toko berskala besar biasanya menyediakan kassa khusus keranjang dan kassa tunai (hanya untuk pelanggan yang berbelanja menggunakan keranjang dan membayar barang menggunakan uang tunai).
Keamanan toko dari tindakan pencurian juga harus diantisipasi. Pada area penjualan biasanya dilengkapi kamera pengintai atau cctv. Letak cctv harus diatur sedemikian rupa agar bisa menjangkau seluruh area penjualan. Letak pintu keluar dan masuk juga harus diatur sedemikian rupa untuk meminimalisir tindakan pencurian. Untuk toko yang lebih besar biasanya akan menyediakan pintu keluar khusus untuk pelanggan yang tidak berbelanja. Bahkan toko tsb juga memiliki team khusus yang bertugas mirip seperti intel yang juga sering disebut undercover.
Area gudang
Area penting inilah yang menjamin ketersediaan barang jual disaat terjadi lonjakan pembelian yang tak terduga, tentunya dengan disertai estimasi yang baik dalam hal penyediaan stock barang. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pengelolaan gudang, diantaranya :
- Gudang selalu bersih dan rapi
- Gudang diatur berdasarkan kategori (misal category drink, category hot beverages, category home care, dll)
- Adanya pemisahan antara barang konsumsi dan non konsumsi, agar tidak terkontaminasi zat-zat berbahaya.
- adanya sign / penanda di masing-masing category, agar barang mudah ditemukan dan disimpan
- adanya pemisahan antara barang fast moving dan slow moving
- barang yang disimpan di gudang harus tertutup, tidak boleh berceceran (baik original pack ataupun dengan kardus/karton berbeda, dimana pada kardus/karton tsb diberikan catatan khusus atas isi yang ada di dalamnya).
-Adanya pencatatan atas stop item
- lainnya
Area office / Administrasi
Store yang berkapasitas besar harus memiliki ruangan khusus dalam pengelolaan administrasi. Pada ritel modern sering disebut sebagai area komersil. Bahkan pada area ini biasanya juga dilengkapi dengan ruang meeting. Tertib adminstrasi sangat diperlukan dalam pengelolaan sebuah toko. Apabila adanya pergantian karyawan, maka file-file yang dibutuhkan akan bisa dengan mudah ditemukan.
Area-area utama inilah yang harus selalu dikelola dengan baik agar bisa memberikan keuntungan maksimal bagi toko. Peran SDM berkualitas dan berpengetahuan baik sangat diperlukan untuk bisa mencapainya.
Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat untuk seluruh sahabat ngetop dimanapun berada. Masih banyak info lainnya yang akan kami bagikan disini dilain kesempatan. Kunjungan dari para sahabat ngetop akan selalu kami nantikan. "Anyeonghi Gasyeo", "Jā mata ne", sampai jumpa lagi sahabat ngetop.
“Retail is detail”
topgondola.blogspot.com
“Retail is detail”
topgondola.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar